Kamis, 25 November 2010

Quantum Learning (belajar bagaimana cara belajar)

BELAJAR KEMBALI TENTANG BELAJAR (Quantum Learning)

Untuk dapat meraih prestasi yang baik di sekolah maka kita harus giat belajar. Namun apa yang akan terjadi jika kita
tidak tahu bagaimana cara belajar yang akan membuat otak kita menerima dan menangkap pelajaran tersebut ? ya, tentu
saja kita tidak akan dapat berprestasi di sekolah. Disini kita akan membahas bagaimana cara belajar yang menyenangkan.
Seorang Ibu rumah tangga dan juga jutawan di amerika yang bernama Bobbi Deporter mengembangkan sebuah sekolah yang
didalamnya terdapat cara-cara belajar yang menyenagkan. Sekolah tersebut diberi nama SuperCamp.

- SuperCamp menggabungkan rasa percaya diri, keterampilan belajar, dan keterampilan berkomunikasi dalam lingkungan
  yang menyenangkan.
- SuperCamp telah memberikan dampak positif pada kehidupan ribuan dan orang-orang di sekitar mereka.
- Kurikulum di SuperCamp adalah kombinasi dari beberapa unsur, dikembangkan dari suatu falsafah bahwa belajar dapat dan
  harus menyenagkan.
- Tantangan-tantangan fisik digunakan sebagai metafora untuk mempelajari terobosan-terobosan belajar (pergeseran paradigma
yang mengubah pemahaman tentang belajar).
- Penelitian menunjukkan bahwa SuperCamp terbukti sangat berhasil dan harus dipertimbangkan sebagai model replika.

Perusahaan yang melahirkan SuperCamp adalah Learning Forum. Quantum Learning berakar dari upaya Dr. GeorgI Lozanov,
seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai "suggestology" atau
"suggestopedia". Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail
apa pun memberikan sugesti positif ataupun negatif. Beberapa teknik yang digunakan untuk memberikan sugesti positif adalah
mendudukkan murid secara nyaman, memasang musik latar di dalam kelas, meningkatkan partisipasi individu, menggunakan
poster-poster untuk memberi kesan besar sambil menonjolkan informasi, dan menyediakan guru-guru yang terlatih baik
dalam seni pengajaran sugestif.

Quantum Learning mencakup aspek-aspek penting dalam program neurolinguistik (NLP), yaitu suatu penelitian tentang bagaimana
otak mengatur informasi. Program ini meneliti hubungan antara bahasa dan perilaku dan dapat digunakan untuk menciptakan
jalinan pengertian antara siswa dan guru. Para pendidik dengan pengetahuan NLP mengetahui bagaimana menggunakan bahasa positif
- Faktor penting untuk merangsang fungsi otak yang paling efektif.

Tahukah anda....
- Otak anda mempunyai potensi yang sama dengan otak Albert Einstein?
- Ada bukti fisik dan ilmiah yang memberikan ungkapan tentang otak anda, Gunakan atau Abaikan?

Kita semua dilahirkan dengan rasa ingin tahu yang tak pernah terpuaskan. Dan kita semua mempunyai alat-alat yang kita perlukan
untuk memuaskannya. Pernahkah anda memperhatikan seorang bayi yang meneliti dengan seksama sebuah mainan baru? Ia memasukkannya
ke dalam mulut untuk mengetahui rasanya. Ia menggoyangkannya, mengangkatnya, dan memutarkannya perlahan-lahan sehingga ia bisa
melihat bagaimana setiap sisinya terkena cahaya. Ia menempelkannya di telinga, menjatuhkannya ke lantai dan mengambilnya kembali,
membongkar bagian-bagiannya dan menyelidikinya satu demi satu.
Proses penelitian ini, kini disebut belajar secara menyeluruh (Global Learning). Global Learning merupakan cara efektif dan alamiah
bagi seorang manusia untuk mempelajari bahwa otak seorang anak hingga usia enam atau tujuh tahun adalah seperti spons, menyerap berbagai
fakta, sifat-sifat fisik, dan kerumitan bahasa yang kacau dengan cara yang menyenangkan dan bebas stres. Proses ini juga ditambah dengan
faktor-faktor umpan balik yang positif dan rangsangan dari lingkungan, dan anda telah menciptakan kondisi yang sempurna untuk belajar apa saja.

Pada tahun 1982, Jack Canfield pakar masalah kepercayaan diri melaporkan hasil penelitian dimana seratus anak ditunjuk untuk seorang periset
selama satu hari. Tugas periset adalah mencatat berapa banyak komentar positif dan negatif yang diterima seorang anak dalam sehari. Penemuan
Canfield adalah bahwa setiap anak rata-rata menerima 460 komentar negatif atau kritik dan hanya 75 komentar pisitif atau yang bersifat mendukung.
Jadi komentar negatif enam kali lebih banyak dibandingkan komentar positif. Umpan balik yang secara kontinu ini sangat berbahaya.Setelah beberapa
tahun bersekolah, "kemandekan belajar" yang sesungguhnya benar-benar terjadi, dan anak-anak menghalangi/menutupi pengalaman belajar mereka secara
tidak sadar. Saat lulus dari sekolah dasar kata "belajar" itu sendiri bisa membuat murid merasa tegang dan terbebani.

PETUNJUK BAGI ORANG AWAM TENTANG OTAK MANUSIA

Otak manusia adalah masa protoplasma yang paling kompleks yang pernah dikenal di alam semesta ini. Inilah satu-satunya organ yang sangat berkembang
sehingga ia dapat mempelajari dirinya sendiri. Jika dirawat oleh tubuh yang sehat dan lingkungan yang menimbulkan rangsangan, otak yang berfungsi
dapat tetap aktif dan reaktif selama lebih dari seratud tahun.
Otak mempunyai tiga bagian dasar :
-batang atau otak reptil
-sistem limbik atau otak mamalia
-neokorteks
Seorang peneliti, Dr.Paul Maclean menyebutnya "otak trime" karena terdiri dari tiga bagian, masing-masing berkembang pada waktu yang berbeda dalam
sejarah evolusi kita. Masing-masing bagian juga mempunyai struktur saraf tertentu dan mengatur tugas-tugas yang harus dilakukan.
1. Batang otak atau otak reptil : kita mempunyai unsur-unsur yang sama dengan reptilia; inilah komponen kecerdasan terendah dari spesies manusia.
   Bagian otak ini bertanggung jawab atas fungsi-fungsi motor sensor - pengetahuan tentang realitas fisik yang berasal dari pancaindra.
2. Sistem limbik atau otak mamalia : sistem limbik ini terletak dibagian tengah dari otak manusia.Fungsinya bersifat emosional dan kognitif, yaitu
   ia menyimpan perasaan, pengalaman yang menyenagkan, memori, dan kemampuan belajar. selain itu sistem ini juga mengendalikan bioritme seperti pola tidur,
   lapar, haus, tekanan darah, detak jantung, gairah seksual, temperatur dan kimia tubuh, metabolisme, dan sistem kekebalan.
3. Neokorteks : Neokorteks terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi-sisi sistem limbik, yang membentuk 80% dari seluruh materi otak. Bagian otak ini
   merupakan tempat bersemayamnya kecerdasan. Inilah yang mengatur pesan-pesan yang diterima melalui penglihatan, pendengaran, dan sensasi tubuh. proses yang
   berasal dari pengaturan ini adalah penalaran, berpikir secara intelektual, pembuatan keputusan, perilaku waras, bahasa, kendali motorik sadar, dan ideasi
   (penciptaan gagasan) nonverbal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar